Minggu, 19 Desember 2010

P3K (pertolongan pertama pada kemogokan)

sering kali kita lihat di pinggir jalan ada mobil yang mogok.
seandainya itu terjadi pada diri kita, pasti rasa panik akan datang.
saya ingin memberi masukan apabila itu terjadi pada anda.

    CEK BENSIN
apakah jarum kontrol bensin anda normal?  jika IYA.
cek komponen pumpa bensin, kalau pakai rotak/electric, dan bunyi temponya pelan (tek-tek-tek)  saat di kontak ON.untuk mobil cerry & futura. dan bergetar untuk mobil espaz. itu tandanya masik fungsi pompanya.
kalau pakai mimbara (pumpa bensin nempel di mesin) seperti mobil kijang. bisa di lihat dengan melepas selang bensin yang masuk ke kabilator, lalu mobil di stater, kalau bensin keluar,pompa normal.

    CEK PENGAPIAN  
lepas kabel koil yang nempel di distributor (tempat platina / CDI) kabel yang tengah (dari 5 kabel busi).
lalu dekatkan ke body mesin (-/+ 1cm) trus mobil di stater, bila ada lompatan api dan berwarna kebiruan
maka pengapian normal. bila tidak keluar api/setrum ?
                                       - cek platina apa tidak putus?
                                       - cek coil dan condensor apa tidak aus/rusak?
                                       - cek kabel penghubung dari coil ke platina.
                                          (lepas kabel penghubung yang nempel di platina,
                                            kontak posisi ON, tempelkan ke body,
                                            kalau keluar percikan api coil dan kabel OKE)
                                       - cek apakah setrum (+) yang masuk ke coil ada?
                                          (bisa menggunakan tespen DC)
                                       - cek kabel busi terutama yang dari coil ke delco apa tidak putus?
                                           (bisa menggunakan avometer digital)

    CEK TIMING BELT
lepas cop delco (penutup distributor) maka akan kelihatan lotor (seperti jarum jam).
lalu mobil di stater, kalau tidak berputar maka tandanya timing belt putus.

    CEK TEMPERATUR AIR   
kalau temperatur naik (jarum menunjuk ke H) maka mesin mobil anda panas sekali.
     tips : - jangan membuka tutup radiator waktu mesin panas (bahaya, air panas
                mengandung tekanan)
              - biarkan mobil sampai dingin (jangan di isi air waktu mesin panas bisa
                 mengakibatkan cylendercop bengkok/mulet. kalau mesin sudah dingin,
                 hidupkan mesin lalu isi air radiator.

sedikit masukan dari saya semoga bermanfaat.
untuk para senior kalau ada kesalahan atau kekurangan mohon bantuan untuk koreksi.
(maklum masik belajar hehehehehe)

5 komentar:

  1. Satu langkah awal yang bagus, terus berkarya dan memberikan inspirasi bagi dunia.

    BalasHapus
  2. makasi atas pelajaran dan suportnya selama ini.
    tanpa anda mungkin saya belum berada di dunia maya ini.
    semoga lebih bermanfaat sedikit ilmu ini
    mengutip ( sampaikanlah walau pun satu ayat)

    BalasHapus
  3. Siip...lek honda life piye tips utk perawatannya?
    atau kalo mogok mendadak kira2 apa yg harus di cek?

    BalasHapus
  4. wiih sergep nulis sekarang, maju terus dan sukses selalu

    BalasHapus
  5. @ SMC. untuk perawatan bisa di lihat di tulisan saya.
    PERAWATAN DAN PENGGANTIAN SPARE PART MOBIL.

    @anonim. trima kasih suportnya.
    masih tahab belajar, memoga bisa bermanfaat

    BalasHapus