Kamis, 23 Desember 2010

PERAWATAN DAN PENGGANTIAN SPARE PART MOBIL

bagi orang yang sudah lama memiliki mobil, saran ini mungkin sudah biasa di lakukan.
tapi bagi yang baru memelihara mobil ( kayak ternak aja ya? hehehehe) 
semoga bisa menambah pengetahuna cara merawat mobil anda.

           # FILTER UDARA # 
- bersihkan setiap 2500 s/d 5000 KM.
   tergantung cuaca dan kondisi jalan ( kalau jalan berdebu harus sering si bersihkan)
- ganti setiap 20.000 KM.

          # OLI MESIN #
- periksa kebocoran dan ketinggian / isi oli.
  isi bila volume oli berkurang ( kekurangan oli berakibat fatal, mesin bisa macet)
- ganti setiap 2500 s/d 5000 KM.
  tergantung kwalitas oli.

          # OLI VERSENELENG DAN GARDAN #
- periksa kebocoran dan isi oli.
   isi bila volume oli berkurang.
- ganti setiap 10.000 s/d 20.000 KM.
   tergantung kwalitas oli

            # FILTER OLI #
- ganti setiap ganti oli / max 10.000 KM.

            # FILTER BENSIN #
- bersihkan setiap 5000 s/d 10.000 KM.
   tergantung kondisi mobil (kalau mobil tua harus lebih sering di bersihkan)
- ganti setiap 20.000 KM.

            # AIR RADIATOR # 
- cek kebocoran dan volume air.
- ganti setiap 20.000 KM / max 1 tahun.
  gunakan radiator coolant bila perlu 

            # TIMING BELT #
- ganti setiap 30.000 s/d 50.000 KM.
   tergantung kwalitas spare part.

            # MINYAK REM DAN KOPLING #
- periksa kebocoran dan volume minyak rem.
  bila minyak berkurang, bisa dikarnakan ada kebocoran di sistem pengereman 
  atau kopling.
  bila tidak ada kebocoran jangan di tambah dulu, itu bisa dikarnakan ada keausan 
  di kampas rem  atau kampas kopling. lebih baik di cek dulu kondisi kampas.
  minyak yang di pakai di kopling sama dengan minyak rem.
- ganti setiap 20.000 KM / max 1 tahun.
       
             # BUSI #
-bersihkan setiap 5000 s/d 10.000 KM.
  lihat kondisi mobil ( kalau mesin sudah mulai berasap biru / ngobos lebih sering
  di bersihkan) 
-ganti setiap 20.000 KM.
  tergantung kwalitas busi.

            # OLI POWER STERING #

-periksa kobocoran dan volume oli.
  tambahkan bila perlu.
-ganti setiap 50.000 KM / max 1 tahun.

PERAWATAN KECIL MENGURANGI RESIKO YANG LEBIH BESAR

sedikit saran dari saya, semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. makasih infonya

    sangat membantu bagi pemula seperti saya..

    BalasHapus
  2. blog ini cukup bagus,jempol untuk anda...saya juga pemula.
    saya tdk banyak tau ttg perawatan mobil...
    sedikit saran, klo disertai gambar bagian2 mesin juga bagus....jadi kami bisa lbh tau cara merawat mobil.MATUR NUWUN

    BalasHapus
  3. terima kasih saran dan masukannya.
    memang sudah ada keingginan untuk menambah gambar,tapi masik belum ada waktu.
    insyaallah dalam waktu dekat akan kami tampilkan gambar.
    SUWON JUGA

    BalasHapus
  4. pekerjaan merawat dan ganti spare part memang tidak boleh sembarangan, khusus buat mobil bekas, namun hal tersebut jadi lebih ringan semenjak ada seva pusat mobil murah dimana dengan bantuan expert maka konsumen tidak perlu takut mobil bekas salah pilih

    BalasHapus